MENILAI DENGAN OBJEKTIF

Posted 17 December 2006 17:21

Saya anggota baru di Ayofoto.com, juga baru belajar motret. Ikutan di situs ini dengan tujuan utama untuk menimba ilmu dari fotografer yang lebih senior dan bertukar pengetahuan dan teknik/ketrampilan dengan sesama anggota yang juga sedang dan/atau yang mau belajar.

 

Banyak ‘jendela’ yang tersedia disini untuk belajar tersebut, misalnya dengan mengamati hasil karya foto yang dipajang disini, menyimak komentar teman-teman yang lain atas foto kita sendiri atau atas foto teman yang lain, atau bertanya langsung kepada teman-teman yang lebih jago disini.

 

Tapi aku mengamati bahwa kebanyakan komentar yang diberikan hanya merupakan ungkapan kekaguman [kagum beneran atau pura-pura gak jelas sih…] yang sifatnya sangat umum, misalnya: ‘weh, keren abis mbah!’ atau ‘mantap buangeeeet’ atau ungkapan serupa.  Aku sendiri jadi ikutan ngomentarin gitu, pada beberapa foto, tapi aku segera sadar –he 33x- kayaknya komentar gitu gak bagus, kurang bermanfaat, malah bisa jadi jebakan buat yang terima pujian [jadi ke-ge-er-an, dikira karya fotonya emang udah hebat banget, kesian kan?]

 

Tentang nilai. Kayaknya murah banget nilainya, gampang banget dapet nilai 5 (sempurna).  Sempurna itu kan –kalo gak salah- maknanya, teknik fotografinya tanpa cela juga nilai estetikanya membuat perasaan kita tergetar –nilai estetika yang sempurna kali gak ada ya, kerna sangat subjektif. Saya ngaku, selama ini –walaupun belum lama, baru beberapa hari- ikutan ngasih nilainya ‘murah’, tapi kedepan kayaknya aku akan lebih memilah dan memilih dengan lebih cermat. Mungkin nilai yang aku kasih tidak selalu 5, tapi kalo aku ngasih nilai <5 maka akan aku coba maksimal untuk ngasih alesannya.

 

Kenapa kita tidak mencoba menilai lebih objektif dan kasih masukan yang jujur ke teman-teman yang lain, sehingga bisa saling belajar, dan mudah-mudahan semua menjadi fotografer yang lebih baik setelah bergabung di Ayofoto.com ini.

 

Salam,
Ben Lakitan

 

25 comments found.

Please login to continue. Facebook user? Just press the "Login with Facebook" button.
Login
Username or Email:

Password:


Connect your Facebook account to AYOFOTO!.
Facebook Connect is a great way to share your activity on AYOFOTO! with your Facebook friends.
You can:
  • Find your Facebook friends who are connected to AYOFOTO!
  • Login to AYOFOTO! using your Facebook username and password

fb-signin
[Top]
INAICTA 2009INAICTA 2009
1st Winner eBusiness for SME category
Indonesia ICT Award 2009
BUBU Award 2009BUBU Award 2009
1st Winner Indonesia Social Media category
Bubu Award 2009
Indigo Award 2009Indigo Award 2009
The Best of Creative Fellowship category
Telkom Indigo Award 2009
Ericsson Mobile Advertisement Services 2009Ericsson Mobile Advertisement Services 2009
The Best Mobile Advertisement Service
Ericsson 2009
Asia Pacific ICT Alliance Award 2009Asia Pacific ICT Alliance Award 2009
Start Up Company Nominee
Asia Pacific ICT Alliance Award 2009

This page took 0.151 seconds to produce. | Sitemap Site map | AYOFOTO! v.5.3